Sosiologi norma (SBI X7 SMAN 3 Surakarta)

Jumat, 01 Oktober 2010


Norma
I.                   Pengertian :
Aturan-aturan atau pedoman sosial yang khusus mengenai tingkah laku, sikap, dan perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di lingkungan kehidupannya. Dari sudut pandang umum sampai seberapa jauh tekanan norma diberlakukan oleh masyarakat.

II.                Macam-macam Norma :
1.   Norma Agama:  Suatu norma yang berdasarkan ajaran atau kaidah suatu agama.
Contoh dalam kehidupan seharai-hari :
·      Shalat berjamaah dalam suatu keluarga:
Agama di indonesia terdapat 5 agama. Tapi pada kali ini kami mengambil agama Islam sebagai contoh norma agama dalam kehidupan seharai-hari dimana keluarga dari seluruh anggota kelompok kami adalah beragama Islam. Adanya Shalat berjamaah bersama keluarga di rumah merupakan Norma agama yang telah terlaksana di sebuah keluarga. Apabila seorang muslim tidak menjalankan Shalat akan mendapat hukuman dari Tuhan YME yang berupa siska kelak diakhirat.
·      Dilarang mencuri :
Dilarang mencuri didalam kehidupan masyarakat maupun keluarga tidak diperbolehkan menurut norma. Apabila ada orang yang mencuri akan mendapat hukuman  dari masyarakat, hukum, bahkan juga dari Tuhan YME. Mendapat hukuman di dunia berupa hukum yang menjerat dan sanksi dari masyarkat tapi jika di akhirat kelak orang yang mencuri mendapat sanksi dari Tuhan YME.

2. Norma Kesusilaan: norma yang didasarkan pada hati nurani atau Akhlak manusia.
Contoh dalam kehidupan seharai-hari :
·      Tidak boleh berbohong:
Bohong merupakan salah satu sikap yang sering dilakukan seseorang. Tapi seseorang juga tau mau di bohongi. Bohong merupakan salah satu pelanggaran dalam norma kesusilaan dimana suatau sikap yang sering di tolak di masyarakat bahkan dio keluarga. Pada contoh kecil adalah kita sering membohongi orang tua kita apabila kita mendapat nilai yang buruk. Walaupun kebohongan kecil tapi dapat menambah masalah yang telah terjadi.
·      Pengkhianatan:
Pengkhianatan merupakan salah satu pelanggaran dalam norma kesusilaan karena pengkhianatan sangat di benci seseorang tapi seseorang juga melakukan pengkhianatan. Pengkhianatan yang kami maksud adalah pengkhianatan  dalam arti luas. Contonya, seorang sahabat yang berjanji tidak akan membuka aib sahabatnya tapi ia mengingkarinya dimana hal tersebut sudah termasuk pengklhianatan terhadap sahabat.

3.   Norma Kesopanan: Norma yang berpangkal dari aturan tingkah laku yang berlaku di masyarakat.
Contoh dalam kehidupan seharai-hari :
·      Bebicara yang sopan pada orang yang lebih tua:
Berbicara yang sopan kepada orang yang lebih tua merupakan norma kesopanan dimana tingkah laku tersebut tingkah laku yang berlaku di msyarakat. Berbicara sopan tidak hanya dengan menggunakan bahasa yang benar tapi juga memanggil orang yang lebih ua dengan menggunakan panggilan bu, pak, kak, dll.
·      Makan dan minum tidak sambil berdiri dan berjalan:
Makan dan minum tidak sambil berjalan juga termasuk norma kesopanan dimana sekarang ini banyak remaja yang makan dan minum sambil berdiri bahkan jalan. Selain tidak sopan juga dapat menimbulkan resiko lain seperti tersedak.

4.   Norma Kebiasaan: Merupakan hasil perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama hingga menjadi kebiasaan.
Contoh dalam kehidupan seharai-hari :
·      Menabur bunga di jalan-jalan yang dilewati untuk menuju pemakaman:
Menabur bunga di jalan-jalan yang dilewati untuk menuju pemakaman merupakan norma kebiasaan dimana masyarakat tidak merasa aneh dengan hal tersebut karena memang di indonesia hal tersebut sudah menjadi kabiasaan yang tak pernah tertinggal pada saat ada acara pemakaman.
·      Tidak mengerjakan PR di sekolah:
Mengerjakan PR disekolah merupakan salah satu kebiasaan siswa yang belum mngerjakan PR, dimana masyarakat sudah terbiasa dengan hal tersebut walaupun masyarakat tau bahwa hal tersebut
 merupakan kebiasaan yang buruk. Maka siswa wajib membiasakan diri mengerjakan PR tidak di sekolah melainkan di rumah.
5.    Norma Hukum: Himpunan petunjuk hidup atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat (Negara)
Contoh dalam kehidupan seharai-hari :
·      Menaati rambu-rambu lalulintas:
Menaati rambu-rambu lalu lintas merupakan norma hukum karena apabila kita melanggar rambu-rambu lalu lintas kita akan mendapat hukuman yang menjerat kita dengan hukum yang terkait dengan lalu lintas karena hukum tersebut bersifat mengikat dan memaksa. Jadi mau tidak mau apabila seseorang melakukan pelanggaran lalu lintas harus melukan hukuman karena kesalahannya sendiri.
·      Tidak merusak fasilitas umum:
Tidak merusak fasilitas umum juga termasuk norma hukum karena ada hukum yang mengatur tentang fasilitas umum. Contoh kecil yaitu mencoret-coret meja dan bangku sekolah dimana meja dan bangku sekolah merupaka fasilitas umum. Dan apabila ada yang melanggar akan mendapat hukuman dari hukum yang mengatur tentang fasilitas umum.




Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.